Ticker

12/recent/ticker-posts

Negara Provider Solutions (Penyedia Solusi) dan Negara Brokers By. Deni Irawan

Ketika tren marketing telah berubah karena terkena distrupsi digital, maka semua elemen mencari solusi bagaimana meningkatkan  profit agar tidak tergerus dengan hadirnya banyak platform digital baru . 

Lahirnya jurnalisme warga, generasi millenial dan generasi Z yang membawa perubahan significant dalam baik perubahan yang baik mau pun yang buruk. 

Jika melihat pelatihan pelatihan yang penulis dapatkan mengenai digitalisasi terlihat jelas perubahannya. 

Marketing Consultative jadi alternatif  dan meninggalkan cara cara lama sebagai marketing konvensional yang lebih berfokus pada selling. 

Begitu pun dengan tatanan kenegaraan harusnya harusnya sudah mulai mengikuti perubahan tersebut  untuk bisa bertahan sebagai negara yang memberikan solusi kepada rakyatnya. 

Ketika Gempa di Cianjur, tragedi di stadion kanjuruhan dan sengketa pulau pasir  negara  segera turun tangan untuk mengatasi masalah tersebut. Namun mengatasi masalah bukan dengan masalah tapi lebih  kepada membawa kenyamanan dan ketenangan tanpa masalah lama yang terjadi. 

Sebagai Privider solutions , negara akan mengayomi rakyatnya dengan solusi solusi sesuai sumber daya dan tatanan yang ada. 

Berbeda dengan Negara Brokers yang lebih menjadi sebagai perantara antara produsen dan rakyatnya. Rakyat dipaksa membeli sesuai kebutuhannya bahkan tercekik dengan dengan harga kebutuhan pokoknya yang penting para pemangku negara tetap gajian. 

Sumber Tatanan untuk menjadikan negara sebagi provider atau pun broker lebih  tergantung kepada sistem yang dianutnya berpihak kemana dan kepada siapa. 

Jika 14 Abad lalu telah ada contoh sistem  yang di berlakukan senagai negara provider mengapa harus berkutat dengan aistem baru yg bahkan masih sekedar teoritikal. 

Fakta menyatakan bahwa Islam adalah sebuah sistem yang tools nya sdh terbukti pada peradaban manusia  baik dalam bemtuk  kekhilafahan, ummat dan Imamah atau pun kerajaan. 

Tiada yang usang dalam tools tersebut, uang usang hanya prakteknya yang kaku yang menyebabkan tidak berkembang. 

Tatanan sisten provider solutions yang di contohkan Rasulullah SAW  sudah terbukti baik diterapkan dalam masa khalifah yang empat atau pun masa dinasti kerajaan.  Tools ( Minhaj) Al Islam adalah solusi berbagai aspek kehidupan sedangkan Tools lain hasil kreativitas manusia terbukti gagal karena hanya bersifat perantara dan sementara  karena selalu berebutan mengenai  Broker Fee.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Ya.. sebuah argumentasi yg padat dan berisi, patut jadi renungan dan motivasi kita semua

    BalasHapus

selalu santun dan layak dibaca