Ticker

12/recent/ticker-posts

Ada 3 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Bisnis Kita Menjadi Berkah

 Ø¨Ø³Ù… الله الرحمن الرحيم

Berkah
Oleh : Ma'an Al-Muqowy

Kata Berkah tentu akrab di telinga kita, terutama bila kita bicara mengenai sebuah Perniagaan (Bisnis). Namun sayangnya syaratnya bagaimana agar perniagaan kita berkah dalam sudut pandang Alloh SWT jarang sekali dibahas.

Kita tentu sudah tahu bahwa didalam Ad-Diin Al-Islam berdasarkan "Hadits Jibril" yang diriwayatkan oleh Muslim terbagi atas 3 bagian (dimensi), yakni Iman, Islam dan Ikhsan

Bila kita mengambil perumpamaan dalam QS. Ibrahim 14 : 24, 25 mengenai perumpamaan pohon yang baik (syajarotun thoyibah) memiliki 3 Unsur yaitu : Akar (Ashal), Batang (Far'u), & Buah (Ukul), maka sudah dapat kita simpulkan bahwa Iman menduduki posisi sebagai Akar, Islam sebagai batangnya, dan Ikhsan (kebaikan) sebagai Buahnya.

Dalam perniagaan.

A. Niat --> li'llah adalah manifestasi dari Iman, yang diibaratkan adalah akar dari sebuah pohon yang baik. Apa bila Perniagaan kita mau berkah perhatikan Niatnya !.

_"Sesungguhnya (nilai) suatu amal tergantung niatnya ..."_

(HR. Bukhori dan Muslim)

B. Cara --> Harus sesuai syariat. Cara berniaga ini adalah manifestasi dari Islam, yang di Ibaratkan dalam pohon adalah bagian batangnya. Tidak Boleh ada unsur yang diharamkan Alloh dalam perniagaan kita seperti Unsur Maisyir (Untung-untungan), Ghoror (Manipulasi) dimana dampaknya adalah adanya pihak yang ter-dzolimi, & Riba (Keuntungan tanpa terjadi perniagaan).

C. Peruntukan --> Hasil perniagaan kita ada yang kita keluarkan untuk Zakat, Infaq, Shodaqoh, dan Wakaf., Serta tidak boleh untuk maksiat kepada Alloh. Hal ini adalah manifestasi Ikhsan (Kebaikan) ... Buahnya adalah kebaikan (Ikhsan). 

الله اعلم بالصواب

والحمد لله رب العلمين*

Posting Komentar

0 Komentar