Ticker

12/recent/ticker-posts

Amalan Yang dikerjakan, Malaikat yang Mendo'akan

Oleh: Ustd.Sajim

Bismillah...

Manusia merupakan mahluk yang paling sempurna di antara mahluk-mahluk yang lain, sampai sampai mahluk yang bernama Malaikat turut serta mendoakan bagi orang yang melakukan amalan tertentu, amalan apa sajakah...??

Berikut  amalan orang yang didoakan malaikat, diantaranya ;

1. Orang yang Pergi ke Masjid untuk Salat

Imam Ahmad dari Abu Hurairah RA, ia berkata: “Rasulullah ﷺ bersabda:

اَلْمَلاَئِكَةُ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِيْ مُصَلاَّهُ الَّذِي صَلَّى فِيْهِ مَا لَمْ يُحْدِثْ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ.

‘Para Malaikat akan selalu bershalawat kepada salah seorang di antara kalian selama ia berada di masjid dimana ia melakukan shalat, hal ini selama ia wudhu’nya belum batal, Malaikat berdo'a: ‘Ya Allah, ampunilah ia, ya Allah, sayangilah ia.’” ( HR. Muslim no. 649 )

Menurut sebuah riwayat yang terdapat dalam Shahih Muslim, para malaikat akan mendoakan orang-orang yang pergi ke masjid untuk salat. 

Malaikat berdoa,

“Ya Allah, berilah anugerah kepadanya. Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepadanya selama ia tidak mengganggu dan tidak berhadas di dalam masjid." (HR Muslim).

2. Orang yang Mengajarkan Kebaikan.

Diriwayatkan dari Umamah Al-Bahiliy RA, Rasulullah ﷺ bersabda,

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالأَرَضِينَ حَتَّى النَّمْلَةَ فِي جُحْرِهَا وَحَتَّى الحُوتَ لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الخَيْرَ

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat, penghuni langit dan bumi hingga semut yang berada di lubangnya dan ikan mendoakan kebaikan kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia". (HR. Tirmidzi no. 2685)

3. Berdiri di Shaf Pertama.

Rasulullah ﷺ bersabda,

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الصُّفُوفِ الْأُوَلِ

“Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bersalawat kepada orang-orang yang berada di saf-saf yang pertama.” (HR Ibnu Hibban).

4. Mendoakan Kebaikan Bagi Orang Lain.

Dari Ummu Darda RA, bahwa Nabi ﷺ bersabda,

إِنَّ دَعْوَةَ الْمُسْلِمِ مُسْتَجَابَةٌ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ، عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ، كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ: آمِينَ، وَلَكَ بِمِثْلٍ

“Sesungguhnya doa seorang muslim untuk saudaranya tanpa sepengetahuannya (tidak dihadapannya), dikabulkan oleh Allah. Di kepalanya ada malaikat yang ditugaskan, setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya. Maka malaikat yang ditugaskan berkata, ‘Semoga doamu dikabulkan oleh Allah dan bagimu seperti yang kau minta bagi saudaramu’.” (HR. Ahmad no. 21707)

5. Orang yang Tetap Berada di Tempat Salatnya sesudah Salat.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah ﷺ bersabda,

وَالْمَلَائِكَةُ يُصَلُّونَ عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِي مَجْلِسِهِ الَّذِي صَلَّى فِيهِ، يَقُولُونَ: اللهُمَّ ارْحَمْهُ، اللهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، اللهُمَّ تُبْ عَلَيْهِ، مَا لَمْ يُؤْذِ فِيهِ، مَا لَمْ يُحْدِثْ فِيهِ

“Malaikat senantiasa bersalawat kepada salah seorang dari kalian selama dia berada di tempat salatnya. Mereka berdoa, ‘Ya Allah, rahmatilah dia. Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, terimalah tobatnya’, selama dia tidak mengganggu orang lain dan berhadats.” (HR. Muslim no. 649)

6. Orang yang Merapatkan Shaf Salat.

‘Aisyah RA meriwayatkan dalam Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, dan Mustadrak al-Hakim dengan sanad yang hasan. Rasulullah ﷺ bersabda,

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الَّذِينَ يَصِلُونَ الصُّفُوفَ، وَمَنْ سَدَّ فُرْجَةً رَفَعَهُ اللَّهُ بِهَا دَرْجَةً

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat kepada orang-orang yang menyambung saf-saf. Barang siapa yang menutup celah dalam saf, niscaya Allah akan mengangkat derajatnya.” HR Ibnu Majah no. 995 disahihkan oleh Al-Albani

7. Orang yang Makan Sahur.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri RA, beliau berkata: “Rasulullah ﷺ bersabda:

“اَلسَّحُوْرُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوْهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ, فَإِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِيْنَ.”

‘Makan sahur adalah makanan yang penuh dengan keberkahan, maka janganlah engkau meninggalkannya, walaupun salah seorang di antara kalian hanya meminum seteguk air, karena sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur".

8. Orang yang Bersholawat atas Nabi SAW.

Diriwayatkan oleh al-Imam Ahmad dari ‘Abdullah bin ‘Amr RA, ia berkata:

مَنْ صَلَّى عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلاَةً، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَمَلاَئِكَتُهُ سَبْعِيْنَ صَلاَةً, فَلْيُقِلَّ عَبْدٌ مِنْ ذَلِكَ أَوْ لِيُكْثِرْ.

“Barangsiapa yang bershalawat kepada Rasulullah ﷺ sekali saja, maka Allah dan para Malaikatnya akan bershalawat kepadanya sebanyak tujuh puluh shalawat, maka sedikitkanlah atau perbanyaklah seorang hamba dalam membacanya.” 

Dalam riwayat lain disebutkan:

عَامِرِ بْنِ رَبِيعَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ يَقُولُ: ” مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تُصَلِّي عَلَيْهِ مَا صَلَّى عَلَيَّ، فَلْيُقِلَّ عَبْدٌ مِنْ ذَلِكَ أَوْ لِيُكْثِرْ ”

رواه أحمد والطيالسي وحسنه الأرناؤوط والمنذري في الترغيب والترهيب

Rasulullah ﷺ bersabda: “Barangsiapa yg bersholawat kepadaku, maka akan ada malaikat yg senantiasa bersholawat (dgn mendoakan) kepadanya, selama orang tsb masih mengucapkan shalawat (kepadaku), maka dari itu hendaknya orang tsb senantiasa sholawat baik sedikit maupun banyak”. (Hasan Lighairihi HR Imam Ahmad dan Imam at-Thayalisi, di hasankan oleh Imam al-Mundziri dalam Kitab Targhib wat-Tarhib.

9. Orang yang Menjenguk Orang Sakit.

'Ali bin Abu Thalib RA berkata, Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُودُ مُسْلِمًا غُدْوَةً إِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ عَادَهُ عَشِيَّةً إِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ

“Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim lainnya di pagi hari, kecuali 70.000 malaikat akan mendoakannya hingga sore hari. Jika dia menjenguknya pada sore atau petang hari, kecuali 70.000 malaikat akan mendoakannya hingga pagi hari" (HR. Tirmidzi no. 969)

Dalam riwayat lain turut disebutkan,

“Tidaklah seorang laki-laki menjenguk orang sakit pada petang hari, kecuali diikuti oleh 70.000 malaikat yang memohonkan ampunan untuknya hingga pagi hari. Siapa yang mendatangi orang sakit pada pagi hari maka ia diikuti oleh 70.000 malaikat yang memohonkan ampun untuknya hingga petang hari." (HR Abu Dawud dan al-Hakim).

10. Berwudhu Sebelum Tidur.

Dari Abdullah bin Umar RA, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban 3/329)

11. Bersedekah di Jalan Allah.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ العِبَادُ فِيهِ، إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ، فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Tidaklah hamba-hamba berada di pagi hari, kecuali ada dua malaikat yang turun, salah satunya berkata, ‘Ya Allah berikanlah ganti kepada orang yang berinfak’, dan yang lain berkata, ‘Ya Allah berikanlah kebinasaan kepada orang yang menahan (hartanya)."(HR. Bukhari no. 1442)

Demikian di antara amalan-amalan yang Malaikat turut serta mendoakan kita apabila kita lakukan, apalagi jika kita lakukan secara rutinitas, Allah SWT sangat mencintai dengan amalan yang dilakukan secara rutinitas;

Rasulullah ﷺ bersabda:

…يَاأَيُّهَا النَّاسُ، خُذُوْا مِنَ الْأَعْمَالِ مَاتُطِيْقُوْنَ، فَإِنَّ اللهَ لَايَمَلُّ حَتَّى تَمَلُّوْا، وَإِنَّ أَحَبَّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللهِ مَادَامَ وَإِنْ قَلَّ 

"Wahai sekalian manusia. Kerjakanlah amalan-amalan sesuai dengan kemampuan kalian. Sesungguhnya Allah tidak bosan sampai kalian bosan. Dan sungguh, amalan yang paling dicintai oleh Allah yaitu yang dikerjakan secara terus-menerus walaupun sedikit." (HRBukhari dan Muslim).

Rasulullah ﷺ juga bersabda: 

سَدِّدُوْا وَقَارِبُوْا، وَاعْلَمُوْا أَنْ لَنْ يُدْخِلَ أَحَدَكُمْ عَمَلُهُ الْجَنَّةَ، وَأَنَّ أَحَبَّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللهِ أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

"Tetaplah dalam kebenaran dan bersikaplah yang lurus. Ketahuilah, bahwasanya amalan seseorang tidak dapat memasukkannya ke dalam surga. Dan bahwasanya amalan yang paling dicintai oleh Allah yaitu yang dikerjakan secara terus-menerus walaupun sedikit." (HR Bukhari dan Muslim)

Kejarlah waktu yg bergerak secepat kilat, jangan biarkan waktu mengejar ngejar kita. Tunaikanlah apa yg menjadi kewajiban kita niscaya kita akan memperoleh apa  yg menjadi hak kita".

Wassalam.

Posting Komentar

0 Komentar