Ticker

12/recent/ticker-posts

JALAN DESA KAMPUNG SAWAH RUSAK AKIBAT PENGALIHAN DANA DESA UNTUK BANTUAN WABAH

Ketua RW 06 Desa Kp. Sawah saat melihat lokasi jalan rusak

Kab. Bogor. satunusaindonesia.com

Jalan Desa  Kampung Cigewor RT 02 RW 06 Desa Kampung Sawah Kec. Rumpin Kab. Bogor, rusak parah.  

Berawal dari pembangunan Jalan Desa Cigewor yang panjangnya 700 M, telah dibenahi pada bulan februari 2022. Namun pengerjaannya saat itu terkait dengan Anggaran Dana Desa (ADD), yang saat itu dialihkan untuk penanggulangan  Covid 19, Sehingga perbaikan jalan yang seharusnya  dikerjakan sepanjang 700 m menjadi 500 M. Sehingga sisa jalan 200 M yang lintasannya ke arah kampung Cepak Randu RT 05 RW 06, kini kondisinya terbengkalai rusak parah.

Ketika ditemui, Rusdi selaku ketua RW 06 mengatakan, memang kerusakan jalan ke Cepak Randu kini sangat parah, di tambah dengan lintasan kampung Cigewor yang 200 M itu terputus pengerjaannya dikarenakan Anggaran Dana Desa (ADD) yang sebagian dialihkan pada bantuan penanganan pandemi Covid19. 

Kini untuk meminimalisir kecelakaan pemotor yang melintas, warga dengan swadaya masyarakat telah menambal jalan dilokasi tersebut sambil berharap, Anggaran Dana Desa dapat  terealisasi Di tahun 2023 ini.

Ketika ada kabar ADD cair, ternyata pekerjaan pengerasan jalan dilakukan di lokasi lain yaitu kampung Pabuaran RT 02 RW 02 Desa Kampung Sawah. 

Menurut Ketua RW 06 pada Musrembang 2022, ADD tahap 1 yang akan turun saat ini dan ADD tahap 2 yang kemungkinan cair antara Juli atau Agustus 2023 untuk Cepak Randu, dan program selanjutnya  pengerjaannnya untuk jalan desa Cigewor yang kurang dari 200 m.

H. Maman Ketua BPD Desa Kampung Sawah Kec. Rumpin Kab. Bogor

Menurut H.Maman selaku ketua BPD Kampung Sawah ketika dihubungi, sementara ini dia belum mendapat laporan dari pihak desa tentang anggaran ADD yang cair. Padahal pengecoran jalan Pabuaran sudah dilakukan 3 hari, dan sudah menyelesaikan jalan 200 m. Namun ia masih meragukan apakah ADD tahap 1 dialihkan ke Pabuaran atau tidak. Maka dari itu ia akan mengkomfirmasi kepada pihak desa, baik Kades, Sekdes, dan LPM Kampung sawah. Sampai saat ini belum ada Kabar mengenai kesimpangsiuran informasi ini. 

Dikarenakan pihak Pemerintahan Desa yang belum bisa dihubungi. Yang pasti masyarakat setempat, khususnya Cigewor dan Cepak Randu tetap berharap agar pengecoran jalan kampungnya tetap dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan hasil Musrembang 2022 yang telah disepakati bersama. Sebelum bertambah korban kecelakaan bermotor di daerah tersebut (Henkir).

Posting Komentar

1 Komentar

selalu santun dan layak dibaca