Ticker

12/recent/ticker-posts

KETIKA IBLIS /SYAITHON BERKHUTBAH

 مجلس العلم التَّوْبة:
📖 KAJIAN ILMIYAH 📖
MAJELIS ILMU AT TAUBAH
----★★★------★★★------★★★-------
🎙️📖 KETIKA IBLIS /SYAITHON BERKHUTBAH
mengambil pelajaran dari isi khutbah syaithon

oleh:
Abu Usamah Nur Irhab

oleh:
Abu Usamah Nur Irhab

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.

وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. اما بعد....

Alloh سبحانه وتعالى berfirman menjelaskan perdebatan dua golongan calon penghuni neraka. Yaitu golongan PENGIKUT (golongan lemah) & golongan yang DI IKUTI (golongan yang sombong lagi mempunyai kekuasaan).

وَبَرَزُوا لِلَّهِ جَمِيعًا فَقَالَ الضُّعَفَاءُ لِلَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا إِنَّا كُنَّا لَكُمْ تَبَعًا فَهَلْ أَنْتُمْ مُغْنُونَ عَنَّا مِنْ عَذَابِ اللَّهِ مِنْ شَيْءٍ ۚ قَالُوا لَوْ هَدَانَا اللَّهُ لَهَدَيْنَاكُمْ ۖ سَوَاءٌ عَلَيْنَا أَجَزِعْنَا أَمْ صَبَرْنَا مَا لَنَا مِنْ مَحِيصٍ

"Dan mereka semuanya (di padang Mahsyar) akan berkumpul menghadap ke hadirat Allah, lalu berkatalah orang-orang yang lemah kepada orang-orang yang sombong: Sesungguhnya kami dahulu adalah pengikut-pengikutmu, maka dapatkah kamu menghindarkan dari pada kami azab Allah (walaupun) sedikit saja? Mereka menjawab: Seandainya Allah memberi petunjuk kepada kami, niscaya kami dapat memberi petunjuk kepadamu. Sama saja bagi kita, apakah kita mengeluh ataukah bersabar. Sekali-kali kita tidak mempunyai tempat untuk melarikan diri."

📚 [Surah Ibrahim (14:21)]

Ketika mereka sedang berdebat & saling menyalahkan maka syaitan berdiri & berkhutbah. 

Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata:

إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ ، قَامَ إِبْلِيْسُ خَطِيْبًا عَلَى مِنْبَرٍ مِنْ نَارٍ ، فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ

"Tatkala hari kiamat Iblis berdiri di atas sebuah mimbar dari api lalu berkhutbah seraya berkata, "Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya…"

📚 (Tafsiir At-Thobari 16/563)

Al-Haafizh Ibnu Katsiir rahimahullah berkata :

يُخْبِرُ تَعَالَى عَمَّا خَطَبَ بِهِ إِبْلِيْسُ أَتْبَاعَهُ، بَعْدَمَا قَضَى اللهُ بَيْنَ عِبَادَهُ، فَأدخل المؤمنين الجنات، وأسكن الكافرين الدركات، فقام فيهم إبليس -لعنه الله -حينئذ خطيبا ليزيدهم حزنا إلى حزنهم (4) وغَبنا إلى غبْنهم، وحسرة إلى حسرتهم

"Allah mengabarkan tentang khutbah yang disampaikan oleh Iblis kepada para pengikutnya, yaitu setelah Allah memutuskan/menghisab para hambaNya, lalu Allah memasukan kaum mukminin ke surga, dan Allah menempatkan orang-orang kafir ke dalam neraka jahannam. Maka Iblispun tatkala itu berdiri dan berkhutbah kepada para pengikutnya agar semakin menambah kesedihan di atas kesedihan mereka, kerugian di atas kerugian, serta penyesalan di atas penyesalan…."

📚 (Tafsiir Al-Qur'an Al-'Adziim 4/489)

📖 Khutbah tersebut disampaikan oleh Iblis kepada para pengikutnya pada saat yang sangat menegangkan…tatkala mereka pertama kali dimasukkan ke dalam neraka jahannam…tatkala mereka telah melihat api yang menyala-nyala yang siap membakar mereka…!!!

📖 Khutbah tersebut…

Benar-benar masuk ke dalam hati para pengikut Iblis…,

📖 Khutbah yang mengalirkan air mata mereka…

📖 khutbah yang benar-benar telah menyadarkan mereka akan kesalahan-kesalahan mereka…

📖 Khutbah yang menyadarkan mereka bahwasanya selama ini mereka hanya terpedaya oleh sang pemimpin…Iblis la’natullah 'alaihi

Apa isi khutbahnya ??

وَقَالَ الشَّيْطَانُ لَمَّا قُضِيَ الْأَمْرُ إِنَّ اللَّهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ ۖ وَمَا كَانَ لِيَ عَلَيْكُمْ مِنْ سُلْطَانٍ إِلَّا أَنْ دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِي ۖ فَلَا تَلُومُونِي وَلُومُوا أَنْفُسَكُمْ ۖ مَا أَنَا بِمُصْرِخِكُمْ وَمَا أَنْتُمْ بِمُصْرِخِيَّ ۖ إِنِّي كَفَرْتُ بِمَا أَشْرَكْتُمُونِ مِنْ قَبْلُ ۗ إِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

"Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih.

📚 [Surah Ibrahim (14:22)]

📖 Isi khutbah syaithan:

1⃣ Alloh سبحانه وتعالى menjanjikan kepada manusia dengan janji yang benar.

2⃣ Syaithan menjanjikan kepada manusia, akan tetapi syaithan ingkar janji.(dusta janjinya).

3⃣ syaithan berkata kepada para pengikutnya:" janganlah kalian menyalahkan aku, aku hanya menyeru kalian akan tetapi kalian mematuhinya.

4⃣ Cercalah (salahkanlah) diri kalian sendiri. 

5⃣ syaithan berlepas diri dari para pengikutnya.

6⃣ syaithan tidak bisa menolong para pengikutnya.

7⃣ para pengikutnya tidak dapat menolong syaithan.

8⃣ syaithan berkata kepada para pengikutnya.

"Sesungguhnya aku (syaithan) tidak membenarkan kalian dalam berbuat syirik kepada Alloh. (Menyekutukan Alloh سبحانه وتعالى).

9⃣  Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih.

Demikianlah isi khutbah setan di padang mahsyar kepada para pengikutnya. 

Semoga dapat mengambil pelajaran.!!!

والله اعلم بالصواب 

_____________________
📖 AT TAUBAH: 33 📖
"Dialah (Alloh سبحانه وتعالى ) yang telah mengutus Rasul-Nya (Rasulullah صلى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) dengan petunjuk (Al-Qur'an) dan agama yang benar (Al Islam) untuk diunggulkan atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai."

Wa: 0895807007096
join bersama: 👇

Chanel Telegram Al Taubah: 
https://t.me/abuusamahnurirhab
Donasi Infaq :
MAJELIS ILMU AT TAUBAH
 No Rek.7114614755
Mandiri Syari'ah.(bsm)
a.n. agung nur alam
CP: Abu Muhammad al faruq
   0895807007096
Raihlah amal sholih dengan menyebarkan informasi ini.
بارك الله فيكم

Posting Komentar

0 Komentar