Ticker

12/recent/ticker-posts

SYIRIK KEPADA ALLAH

 مجلس العلم التَّوْبة:

📖 KAJIAN ILMIYAH 📖

MAJELIS ILMU AT TAUBAH

----★★★------★★★------★★★-------

🎙📖 SYIRIK KEPADA ALLAH سبحانه وتعالى

Oleh:

Agung Nur Alam S.Pd.I

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.

وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. اما بعد....

A. MUQADIMAH

-------------------------------------

Pada risalah kali ini, insyaa Allah penulis akan membawakan sebuah tema *"SYIRIK KEPADA ALLAH سبحانه وتعالى"*  Tema ini sangat penting untuk di kaji, dipahami & di amalkan. Kajian dalam tema ini menjelaskan tentang sangat bahayanya perbuatan syirik kepada Allah (menyekutukan Allah سبحانه وتعالى). 

Perbuatan syirik kepada Allah (menyekutukan Allah Ta'ala) adalah perbuatan yang sangat di benci dan di murkai oleh Allah سبحانه وتعالى. 

Seorang Muslim / muslimah tidak boleh mengucapkan dan melakukan amal perbuatan Yang membuat Allah Ta'ala murka dengan berbuat menyekutukan Allah Ta'ala. 

Seorang Muslim & muslimah tidak boleh mengikuti tata cara perayaan ibadah agaman lain. Karena itu merupakan dari sikap mendukung & menyetuji perbuatan kesyirikan kepada Allah Ta'ala. 

Para Nabi & Rasul di utus oleh Allah kepada setiap umatnya untuk menyampaikan risalah Tauhid Sembahlah (beribadahlah) kepada Allah saja & jauhilah perbuatan kesyirikan. 

Allah سبحانه وتعالى berfirman:

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِى كُلِّ أُمَّةٍ رَّسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطّٰغُوتَ  ۖ فَمِنْهُمْ مَّنْ هَدَى اللَّهُ وَمِنْهُمْ مَّنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلٰلَةُ  ۚ فَسِيرُوا فِى الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عٰقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ

"Dan sungguh, Kami telah mengutus seorang Rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan), Sembahlah Allah, dan jauhilah Tagut, kemudian di antara mereka ada yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula yang tetap dalam kesesatan. Maka berjalanlah kamu di Bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang mendustakan (rasul-rasul)."

📚 (QS. An-Nahl 16: Ayat 36)

Dan firman-Nya:

وَمَآ أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَّسُولٍ إِلَّا نُوحِىٓ إِلَيْهِ أَنَّهُۥ لَآ إِلٰهَ إِلَّآ أَنَا۠ فَاعْبُدُونِ

"Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum engkau (Muhammad), melainkan Kami wahyukan kepadanya, bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Aku maka sembahlah Aku."

📚 (QS. Al-Anbiya 21: Ayat 25)

B. BALASAN BAGI ORANG-ORANG YANG MENYEKUTUKAN ALLAH TA'ALA

------------------------------------

1️⃣ Dosa Syirik Tidak Akan Mendapat Ampunan Dari Allah.

Allah سبحانه وتعالى berfirman, 

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِۦ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَشَآءُ  ۚ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرٰىٓ إِثْمًا عَظِيمًا

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barang siapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar."

📚 (QS. An-Nisa' 4: Ayat 48)

Dan Firman-Nya:

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِۦ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَشَآءُ  ۚ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًۢا بَعِيدًا

"Allah tidak akan mengampuni dosa syirik (mempersekutukan Allah dengan sesuatu) dan Dia mengampuni dosa selain itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sungguh, dia telah tersesat jauh sekali."

📚 (QS. An-Nisa' 4: Ayat 116)

2️⃣ Allah Mengharamkan Al-Jannah (surga) Bagi Pelaku Kesyirikan.

Sehingga dia akan kekal di dalam neraka Jahannam. 

Allah سبحانه وتعالى berfirman:

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوٓا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ  ۖ وَقَالَ الْمَسِيحُ يٰبَنِىٓ إِسْرٰٓءِيلَ اعْبُدُوا اللَّهَ رَبِّى وَرَبَّكُمْ  ۖ إِنَّهُۥ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوٰىهُ النَّارُ  ۖ وَمَا لِلظّٰلِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ

"Sungguh, telah kafir orang-orang yang berkata, Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam. Padahal Al-Masih (sendiri) berkata, Wahai Bani Israil! Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu. Sesungguhnya barang siapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh, Allah mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang-orang zalim itu."

📚 (QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 72)

3️⃣ Perbuatan Syirik (menyekutukan Allah Ta'ala) Menghapuskan Segala Amal Kebaikan.

Allah سبحانه وتعالى berfirman:

ذٰلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِى بِهِۦ مَنْ يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ  ۚ وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَّا كَانُوا يَعْمَلُونَ

"Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka menyekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan."

📚 (QS. Al-An'am 6: Ayat 88)

Dalam ayat lain Allah سبحانه وتعالى berfirman:

وَلَقَدْ أُوحِىَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخٰسِرِينَ

"Dan sungguh, telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu, Sungguh, jika engkau menyekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah engkau termasuk orang yang rugi."

📚 (QS. Az-Zumar 39: Ayat 65)

4️⃣ Syirik (menyekutukan Allah Ta'ala) merupakan kedzaliman yang paling besar.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَاِ ذْ قَا لَ لُقْمٰنُ لِا بْنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِا للّٰهِ ۗ اِنَّ الشِّرْكَ لَـظُلْمٌ عَظِيْمٌ

" Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, "Wahai anakku! Janganlah engkau menyekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kezaliman yang besar."

📚 (QS. Luqman 31: Ayat 13)

5️⃣ Syirik Merupakan Dosa Besar Yang Paling Besar.

Sebagaimana dikhabarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, _*“Maukah aku beritakan kepada kalian dosa besar yang paling besar?” para shahabat menjawab, tentu wahai Rasulullah. Beliau mengatakan, “yaitu menyekutukan Allah dan durhaka kepada kedua orang tua.” 

📚 ( Al-Bukhari dan Muslim)

6️⃣ Seluruh makhluk yang mendengar ucapan & perbuatan kesyirikan gemetar karena takut terhadap murka Allah ta’ala.

Sahabat yang Mulia Ibnu Abbas رضي اللَّه عنه berkata:

إن الشرك فزعت منه السماوات والأرض والجبال، وجميع الخلائق إلا الثقلين، وكادت أن تزول منه لعظمة الله، وكما لا ينفع مع الشرك إحسان المشرك، كذلك نرجو أن يغفر الله ذنوب الموحدين.

_“Sesungguhnya dosa syirik telah membuat langit, bumi, gunung dan seluruh makhluk gemetar ketakutan kecuali jin dan manusia, hampir-hampir seluruh makhluk tersebut musnah karena takut kepada keagungan Allah, dan sebagaimana tidak bermanfaat perbuatan baik seorang musyrik yang disertai kesyirikan, demikian pula kita berharap Allah akan mengampuni dosa orang-orang yang mentauhidkan-Nya.”_

 📚 [Tafsir Ath-Thobari, 18/258]

Melihat begitu bahayanya yang sangat besar baik didunia maupun di akhirat perbuatan syirik kepada Allah Ta'ala, maka sudah seyogyanya sebagai seorang muslim harus bisa menjauhi perbuatan tersebut agar selamat di dunia & di akhirat. Jangan sampai kita hidup di dunia ini berbuat durhaka kepada Allah Ta'ala dengan melakukan perbuatan syirik kepada-Nya. 

Semoga Allah Ta'ala menjaga diri & keluarga kita dari perbuatan menyekutukan Allah Ta'ala. 


🤲 Aamiin yaa Rabbal 'Alamiin. 
والله اعلم بالصواب 
_______
📖 AT TAUBAH: 33 📖
"Dialah (Alloh سبحانه وتعالى )

 Yang telah mengutus Rasul-Nya (Rasulullah صلى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) dengan petunjuk (Al-Qur'an) dan agama yang benar (Al Islam) untuk diunggulkan atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai."
Wa: 0895807007096
join bersama: 👇
Chanel Telegram Al Taubah: 
https://t.me/abuusamahnurirhab
Donasi Infaq :
MAJELIS ILMU AT TAUBAH
~ No Rek.
7114614755
Bank Syari'ah Indonesia.(bsi)
a.n. agung nur alam
CP: Abu Muhammad al faruq
    0895807007096
Raihlah amal sholih dengan menyebarkan informasi ini.
بارك الله فيكم

Posting Komentar

0 Komentar