Ticker

12/recent/ticker-posts

Malam Tasyakuran RT 04/XII Pamujan Dalam memperingati HUT RI ke-78

 Purwokerto, satunusaindonesia.com

Rabu malam tanggal 16 Agustus 2023, saat yang tepat untuk tasyakuran, hampir di sebagian rakyat Indonesia pada hari tersebut menyelenggarakannya. demikian juga dengan wilayah RT 04 RW 12 Pamujan Teluk, Banyumas, Jawa tengah. Sekitar 60 warga baik pria dan wanita hadir guna mengikuti tasyakuran HUT RI yang ke-78.


Agit pembawa acara mengatakan malam tasyakuran warga RT berlangsung dengan lancar. Setelah pembukaan dan teriakan Merdeka!, para hadirin diminta untuk berdiri sejenak untuk bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dengan ketukan 4/4, Triyani sebagai dirijen memimpin di depan, Kemudian dilanjutkan dengan lagu 17 Agustus dengan tempo berubah menjadi 2/4.


Kirsan ketua RT, mengajak warga untuk senantiasa bersyukur. “Dengan biqaulina Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Alloh atas nikmat kemerdekaan yang diberikan. Namun untuk mengisi kemerdekaan kita harus selalu guyub rukun antar tetangga, antar warga masyarakat di RT dan sekitarnya”, ungkapnya. Kemudian sambutan yang kedua disampaikan oleh  Sigit. “Merdeka bukan hanya berarti bebas dari penjajahan fisik, namun kita juga harus terbebas dari penjajahan pemikiran dan budaya. Sebagai bangsa Indonesia dengan adat ketimurannya, kita jangan sampai kehilangan jati diri ketika mengenal budaya budaya Asing. Tetaplah kita menjaga budaya timur kita dimana yang muda menghormati yang lebih tua”, terang sigit. Selepas sambutan, pembawa acara menyimpulkan bahwasanya untuk mengenang jasa para pahlawan kita supaya kompak rukun dan tetap menjaga budaya sebai identitas bangsa.

Acara penutup do’a yang diawali dengan tahlil yang dipandu oleh ustad Farikhin. Setelah selesai tahlil dan do’a dipanjatkan, 

warga antusias menikmati hidangan yang telah disediakan. Hidangan khusus tersedia tumpeng yang ditemani dengan lauk pauknya. 

Tampak warga tersenyum ceria. Walau singkat pelaksanaanya, namun tidak mengurangi esensi dari malam tasyakuran HUT RI ke-78. dengan menikmati sajian makan bersama.(sh) `

Posting Komentar

0 Komentar