Ticker

12/recent/ticker-posts

Akses Jalan Utama Pantai Sayang Heulang Bergelombang dan Berlumpur Bila Musim Hujan Tiba



Situasi jalan  utama Pantai Sayang Helang bergelombang dan berlumpur bila musim penghujan tiba

Pantai Sayang Heulang merupakan tempat wisata di wilayah Garut Selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat yang  sudah cukup dikenal. Pantai Sayang heulang yang berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Karena pasilitas sarana penunjang jalan utama sepanjang bibir pantai sayang heulang ini sangat memprihatinkan sehingga belum menjadi pilihan utama bagi para wisatawan berbeda dengan  pamor  pantai Santolo yang jauh lebih dikenal oleh wisatawan. bagaikan Pantai Kuta nya garut selatan. Walaupun tata kelola pedagang dan parkir motor makin gak karuan dan perlu dibenahi lagi.

Pantai Sayang Heulang ini cukup menyenangkan untuk dijadikan tujuan para Wisatawan dalam menghabiskan waktu bersama teman ataupun keluarga untuk memilih destinasi wisata pantai ini.
Pantai Sayang Heulang merupakan Destinasi pantai berkarang yang bisa anda temukan yang berdampingan dengan pulau santolo. 

Keunikan dari pantai sayang heulang ini adalah adanya hamparan membentang karang yang menjorok jauh ke laut di sepanjang garis pantai.  

Pantai Sayang Heulang juga mempunyai karakteristik,  pasirnya yang berwarna putih kecoklatan dengan dikelilingi oleh pepohonan sepanjang akses masuknya  namun sepanjang pantainya, belum banyak di tanami pohon pelindung bagi pengunjung untuk berteduh di bawah pohon sebagai tempat bernaung dari terik panasnya matahari, sehingga tepi pantai yang panas membuat tempat wisata di Garut yang satu ini belum nyaman untuk bersantai.

Pantai Sayang Heulang terletak di Garut bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat ombak di Pantai Sayang Heulang cukup besar ketika air laut sedang pasang, sehingga di sepanjang tepi pantai ada papan peringatan   berbahaya untuk berenang, tapi cukup indah dinikmati wisatawan.

Saat liburan lebaran 2024 saat ini, air laut sedang surut, kita bisa melihat hamparan karang di bibir pantai yang membentuk kolam-kolam kecil alami, sehingga ketika surut inilah kita bisa menikmati hamparan karang nan indah, berburu ikan saat menjelajah hamparan karang  lebih jauh kearah laut.

Ada hal lain yang menarik dari Pantai Sayang Heulang ini, yaitu bukit Teletubbies, lokasinya sebelah timur bersebelahan dengan pantai yang indah sayang heulang. Jika anda berada di barat, anda hanya perlu berjalan kaki menuju timur bukit Teletubbies ada hamparan pasir putih dan laut yang indah.

Pantai Sayang Heulang ini bila dipandang dari puncak bukit Teletubbies ini, anda bisa melihat seluruh garis pantai Sayang Heulang dan juga Pantai Santolo.
Namun sangat di sayangkan keindahan pantai sayang heulang ini belum dapat dinikmati sepenuhnya oleh wisatawan lokal apalagi mancanegara  karena begitu sampai di pantai sayang heulang ini, keindahan terpancar sepanjang pantai namun pengunjung belum bisa menikmati akses jalan sepanjang jalan utamanya  nyaris hancur kelihatan belum tersentuh perbaikan bagaikan zona off road jalan berlubang dan berlumpur  bila hujan tiba.
Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pariwisata Pantai Sayangheulang, Santolo, dan Rancabuaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Ate Sutanto kenaikan jumlah kunjungan ke pantai-pantai yang ada di Garut bagian selatan, khususnya ke Pantai Sayang heulang memang sudah diprediksi sejak awal.  Bahkan, imbuh Ate, di hari ke 2 Idulfitri 1444 Hijriah, ada peningkatan 20 persen pengunjung dibanding libur Lebaran tahun  kemarin, dengan jumlah wisatawan kurang lebih berada di angka 3.000 sampai 5.000  pengunjung. Sayang Heulang pemprov jabar.

menurut Ade,  salah seorang pelaku  pengelola penginapan, mengatakan sangat prihatin akan jalan utama sepanjang tepi pantai ini rusak parah dan hingga saat ini belum tersentuh pembaikan, karena bila hujan tiba jangankan pemotor  pengguna roda empat pun enggan melintasi akses jalan ini, karena banyak genangan lumpur padahal pengunjung wisata pantai sayang heulang ini cukup ramai apalagi masa liburan tahun ini kelihatanya meningkat . Ungkapnya.

komentar dari pengunjung yang saat itu turut menyesal dengan kondisi akses jalan utama yang berlobang dan bergelombang sangat tidak nyaman dilihat apalagi pantai sayang heulang ini cukup terkenal hingga peloksok negeri kata Wahyu Djatmiko wisatawan lokal asal kota Karawang, Jabar.  saat di konfirmasi dilokasi pantai, Ia berharap pihak  pemerintah terkait harus segera memperbaikinya karena indahnya sebuah pantai apabila sepanjang jalan utama di pinggirnya di tanami pohon yang rindang dan jalan utamanya bagus  dan nyaman bagi pengendara kendaraan ataupun pejalan kaki, karena semua itu merupakan sajian bagi penikmat wisata,  di samping alam  pantai yang indah mestinya  dilengkapi pula dengan jalan yang layak wisata yang dihiasi pepohonan yang rindang sebagai tempat berteduh para wisatawan,  karena sudah ada pengelola dengan beli tiket masuk berbayar, dan menurutnya sudah selayaknya ada perbaikan dari pengelola dan perhatian lebih dari pemerintah terkait. dalam tata kelola pasilitas yang layak dinikmati wisatawan#Red.kardan.


Posting Komentar

0 Komentar