Ticker

12/recent/ticker-posts

SHALAT IDUL ADHA DI HALAMAN MASJID DAARUSSALAAM BANDUNG BANYAK MAKNA YANG TERUNGKAP

Kota Bandung, satunusaindonesia.com

Idul Adha tahun 1445 H umat Islam bangsa Indonesia berbeda pendapat, ada yang melaksanakan hari ahad tanggal 16 juni dan ada yang melaksanakan hari senin 17 juni.

Jama'ah masjid Daarussalaam  jl. Cihampelas no.149 Bandung berpendapat bahwa Idul Adha tahun ini jatuh pada hari ahad 16 juni dan hari ini ahad 17 juni/10 Dzulhijjah pagi melsksanakan shalat Idul Adha dengan hidmat dan uraian khutbahnya banyak makna yang terungkap.


Ust. Khathab yang bertindak selaku imam dan khatib mengurai makna-makna historis tentang Idul Adha dan kurban.

KH. Suryana Nurfatwa (Ketua DKM Daarussalaam Bandung menjelaskan ketika ditemui wartawati sni seusai shalat Idul Adha, mengapa melaksanakan shalat Id   hari ahad beda dengan kebanyakan masjid lainnya.

" ibadah haji adalah wukuf di Arafah itu hadis riwayat at-Tirmidzi, amir Mekah mengumumkan  bahwa wukuf di Arafah adalah hari sabtu 15 juni yang itu bertepatan dengan 9 Dzulhijjah maka otomatis Idul Adha adalah hari ahad 16 juni yang itu adalah 10 Dzulhijjah maka Kami selenggarakan shalat Idul Adha hari ahad ini, begitu keterangannya.

" Meskipun jam Indonesia dengan Mekah itu berbeda tapi hari dan tanggal sama, maka tidak ada alasan untuk Idul Adha berbeda hari, tandas Ketua DKM Daarussalaam.

Semoga perbedaan tidak jadi perpecahan, umat Islam bangsa Indonesia tetap bersatu dan solid sebagaimana makna ibadah haji itu sendiri dari berbagai belahan dunia dengan bahasa yang berbeda, kulit berbeda, dan semua berbeda tapi mampu bersatu di padang Arafah.# Khairun Nisa

Posting Komentar

0 Komentar