Ticker

12/recent/ticker-posts

Perbaikan Infrastruktur Desa Dioptimalkan Pemdakab Bogor

Mewakili Penjabat (Pj.) Bupati Bogor, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Kabupaten Bogor Zaenal Ashari

 KAB. BOGOR -  satunusaindonesia.com

Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Bogor percepat aksesibilitas infrastruktur desa dengan salurkan bantuan keuangan desa tahun 2024. Pemberian bantuan tersebut dilakukan secara simbolis di halaman Kantor Kecamatan Tenjolaya, pada Senin (29/7/24).

Mewakili Penjabat (Pj.) Bupati Bogor, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Kabupaten Bogor Zaenal Ashari mengatakan, bantuan ini dilaksanakan melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade), guna memastikan terwujudnya pembangunan infrastruktur yang merata hingga tingkat desa.

Menurutnya, pelaksanaan bantuan ini sangat perlu untuk segera dilakukan, sebagai akselerasi pembangunan pedesaan dalam rangka penyeimbang pertumbuhan dan perekonomian di seluruh wilayah Kabupaten Bogor hingga tingkat desa se-Kabupaten Bogor, melalui pembangunan dan peningkatan infrastruktur desa.

“Kepada seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Bogor saya minta laksanakan bantuan keuangan ini dengan sebaik-baiknya, transparan dan tentunya libatkan dan berdayakan masyarakat dengan maksimal,” jelas Zainal Ashari.

Penyelenggaraan program Samisade dari tahun 2021-2023 dengan total anggaran Rp1,17 triliun ini telah berhasil membangun infrastruktur desa seperti pembangunan infrastruktur jalan desa sepanjang 1.485 km, jembatan sepanjang 1.344 meter, TPT sepanjang 87.885 meter. 

Selain itu juga, drainase sepanjang 37.229 meter, irigasi sepanjang 11.965 meter, PSAB sebanyak 7 unit, menara telekomunikasi sebanyak 21 unit. Lalu sentra ekonomi sebanyak 1 titik, serta berhasil mengentaskan 45 desa tertinggal sehingga kini sudah zero desa tertinggal di Kabupaten Bogor.

Sementara untuk alokasi penyaluran keuangan infrastruktur desa tahun 2024 melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) total anggaran yakni sebesar Rp406,36 miliar untuk pembangunan infrastruktur desa yang tersebar di 820 titik yang ada di 414 desa di 39 kecamatan se-Kabupaten.

Di tempat yang sama, Kepala DPMPD Kabupaten Bogor, Reynaldi Yushab menyampaikan bahwa maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyampaikan informasi penting terkait bantuan keuangan infrastruktur desa. 

Ia menambahlan, bantuan ini juga sebagai langkah awal untuk melaksanakan kegiatan bantuan keuangan infrastruktur ini agar semua pihak mampu memahami dan bekerja secara maksimal guna mencapai suksesnya kegiatan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Lebih lanjut, hal ini juga untuk menyamakan persepsi dan perspektif dalam melaksanakan bantuan keuangan agar semua pihak ikut bertanggung jawab dan dapat memahami bahwa kegiatan tersebut adalah prioritas yang harus dilaksanakan dengan tertib dan lancar.

“Semoga dengan bantuan keuangan infrastruktur desa ini dapat memberikan kontribusi dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur desa di Kabupaten Bogor. Juga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Bogor secara keseluruhan. Kami juga tegaskan kepada seluruh Kades untuk dapat melaksanakan memanfaatkan penggunaan dana bantuan keuangan ini secara benar, akuntabel dan bertanggung jawab,” tandasnya. (Diskominfo Kabupaten Bogor/Rev)/red.

Posting Komentar

0 Komentar